• Beranda
  • Berita
  • Toyota Gunakan Corolla Bermesin Hidrogen pada Balap Ketahanan Super Taikyu Race di Sirkuit Autopolis

Toyota Gunakan Corolla Bermesin Hidrogen pada Balap Ketahanan Super Taikyu Race di Sirkuit Autopolis

Rabu, 25 Agustus 2021 pukul 18.24Alfredo Austin

Toyota Gunakan Corolla Bermesin Hidrogen pada Balap Ketahanan Super Taikyu Race di Sirkuit Autopolis

Toyota mengumumkan akan membawa mobil balap dengan mesin bertenaga hidrogen yang dikembangkan khusus untuk ajang Super Taikyu Race selama lima jam di sirkuit Autopolis, Oita, Jepang yang berlangsung antara 31 Juli – 1 Agustus 2021.

Mesin berbahan bakar hidrogen yang ramah lingkungan sedang dikembangkan sebagai bagian dari upaya Toyota untuk mewujudkan mobilitas ramah lingkungan dan bebas karbon.

Sama seperti putaran sebelumnya, mobil balap ini akan diikutsertakan di bawah bendera ORC ROOKIE Racing dimana Presiden Toyota Akio Toyoda akan ikut serta sebagai pembalap menggunakan nama panggilan Morizo.

Dengan membawa mobil balap bertenaga hidrogen yang menggunakan hidrogen hijau produksi Kyushu, Toyota bermaksud untuk lebih memperkuat kemitraan yang berpusat pada produksi hidrogen bersama industri lain di Kyushu, Jepang.

Mesin hidrogen Corolla berpartisipasi dalam balapan pertamanya di Fuji SUPER TEC 24 Hours Race yang berlangsung di Fuji Speedway pada 21 Mei 2021 dengan tujuan mempercepat laju pengembangan mesin hidrogen.

Pengembangan pada Mesin Hidrogen Corolla

Dalam dua bulan sejak balapan, Toyota telah menerapkan sejumlah perbaikan baik pada mobil maupun infrastruktur pengisian hidrogen terkait.

Perbaikan yang dilakukan antara lain mengurangi pembakaran abnormal sebagai upaya menghasilkan peningkatan kinerja dimana torsi meningkat sekitar 15%.

Respons mesin, salah satu keunggulan menggunakan mesin hidrogen, telah ditingkatkan lebih lanjut untuk membuatnya lebih kompetitif.

Selain itu, infrastruktur pengisian bahan bakar hidrogen telah dipercepat sekitar 40%, dari sekitar 5 menit menjadi sekitar 3 menit saja untuk pengisian hingga penuh.

Termasuk telah diinformasikan sebelumnya, sekarang Toyota menggunakan green hydrogen yang diproduksi oleh FH2R bersama dengan Obayashi dan Toyota Motor Kyushu.

Dengan mengikuti seri di Autopolis, Toyota berharap dapat mengidentifikasi potensi masalah dalam kondisi sulit dan mempercepat laju pengembangan mesin hidrogen.

Perusahaan juga akan membeli hidrogen hijau yang diproduksi secara lokal untuk konsumsi lokal oleh Obayashi dan Toyota Motor Kyushu dalam usaha mendukung pengembangan mesin hidrogen.

Dengan cara ini, Toyota akan berkontribusi pada penggunaan dan produksi hidrogen hijau, meningkatkan pilihan energi, dan berkontribusi pada realisasi netralitas karbon.